AGENDA

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2018

Pengisian dan Verifikasi PDSS:13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN:21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi:17 April 2018
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan hari Selasa, 8 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2018)

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2018

Pendaftaran SNMPTN:05 April Jam 08:00 s/d 27 April Jam 22:00 2018
Ujian Tulis (UTBC dan UTBK):
UTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Mei 2018.
Ujian Keterampilan :
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Jumat, tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018.
Pengumuman Hasil Seleksi:03 Juli 2018 Pukul 17:00

Jadwal Pelaksanaan SMMUTM 2018

Program Studi yang ditawarkan Jenjang D3 dan S1
Pembayaran Pendaftaran di Bank BRI mulai tanggal 25 Juni pukul 09.00 WIB dan berakhir tanggal 12 Juli 2018 pukul 13.00 WIB
Pendaftaran online mulai tanggal 25 Juni pukul 09.00 WIB dan berakhir tanggal 13 Juli 2018 pukul 16.00 WIB
Ujian Tulis 24 Juli 2018
Pengumuman 27 Juli 2018
Daftar ulang  1 - 2 Agustus 2018

 

A.Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

1. SNMPTN

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses mendaftar. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa yang dijadikan sumber utama data SNMPTN.

Informasi tentang tata cara Pengisian PDSS dapat diunduh di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan informasi lengkap tentang SNMPTN yang meliputi tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi dapat diunduh di laman resmi http://www.snmptn.ac.id.

Ketentuan Pembiayaan yang diterima melalui jalur SNMPTN, mulai tahun akademik 2013/2014, biaya pendidikan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN menggunakan satu komponen biaya yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk semua program studi

2. SBMPTN

Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

3. SMMUTM

SMMUTM adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berdasar pada Hasil Ujian Tulis atau Nilai Rapor yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Persyaratan mengikuti seleksi:

-   Siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018.

-   Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000, dan pembayaran bisa dilakukan di kantor cabang BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password), keterangan lengkap dapat dilihat di http://pmb.trunojoyo.ac.id(Informasi-Prosedur).

-   Jadwal Pendaftaran:

  1. Program Studi yang ditawarkan Jenjang D3 dan S1
  2. Pembayaran Pendaftaran di Bank BRI mulai tanggal 25 Juni pukul 09.00 WIB dan berakhir tanggal 12 Juli 2018 pukul 13.00 WIB
  3. Pendaftaran online mulai tanggal 25 Juni pukul 09.00 WIB dan berakhir tanggal 13 Juli 2018 pukul 16.00 WIB
  4. Ujian Tulis 24 Juli 2018
  5. Pengumuman 27 Juli 2018
  6. Daftar ulang  1 - 2 Agustus 2018

 

-    Pemilihan Program Studi (lihat persyaratan pada Halaman Informasi (Deskripsi)):

1. Siswa dari jurusan (peminatan) SMA/MA IPA dan SMK/MAK terkait Bidang Saintek, diperkenankan memilih program studi kelompok Saintek (Kelompok Ujian IPA) atau Soshum (Kelompok Ujian IPS) dengan ketentuan:

-    jika program studi pilihan I kelompok Saintek, maka program studi pilihan II harus kelompok Saintek atau;

-     jika program studi pilihan I kelompok Soshum maka program studi pilihan II harus kelompok Soshum;

-     tidak diperbolehkan untuk mengambil program studi pilihan I kelompok Saintek dan program studi pilihan II kelompok Soshum ataupun sebaliknya.

2. Siswa dari jurusan (peminatan) SMA/MA IPS, Bahasa, Agama dan SMK/MAK terkait bidang Soshum hanya diperkenankan memilih program studi kelompok Soshum (Kelompok Ujian IPS) saja.

B.Biaya Pendidikan

Terdapat 2 (dua) jenis biaya pendidikan di Universitas Trunojoyo Madura, yaitu:

1. Biaya pendidikan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTNmenggunakan satu komponen biaya yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk semua program studi.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Trunojoyo Madura dibagi dalam 6 (enam) kategori/kelompok yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Indeks kemampuan ekonomi orang tua ditentukan pada saat daftar ulang.

2.  Biaya pendidikan mahasiswa baru jalur MANDIRI ditetapkan menggunakan duakomponen biayayaitu:

-  Uang Kuliah Tunggal (UKT)kategori/kelompok TERTINGGI

-  Uang Pengembanganyang besarannya sesuai program studi yang dipilih (hanya dibayar awal masuk saja)

C.Bidikmisi

Ketentuan yang berlaku bagi peminat/pelamar Bidikmisi adalah sebagai berikut:

1. Peminat/pelamar Bidikmisi harus mendaftarkan diri ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.idsebelum melaksanakan pendaftaran SNMPTN atau SBMPTN 2018.

2. Pendaftaran Bidikmisi dilaksanakan oleh sekolah siswa yang bersangkutan.

3. Siswa yang telah terdaftar sebagai peserta program Bidikmisi tetap harus mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN atau SBMPTN 2018 dengan menggunakanKAP&PIN yang diperoleh darilaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

4. Informasi selengkapnya mengenai program Bidikmisi dapat diperoleh di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.